Monday 25 April 2011

Sengatan Lebah Usir Tumor

Saat ini ilmuwan dari Universitas Washington Amerika Serikat, sedang menjajaki untuk mengubah racun lebah menjadi obat yang berguna. Diyakini bahwa racun lebah dapat membunuh sel Tumor. Racun ini dibentuk hingga berukuran nano yang disebut nanobee.

Menurut para peneliti, seperti dimuat dalam Journal of Clinical Investigation, nanobee bekerja dengan memberikan racun yang dinamakan melittin. Melittin mampu memerangi tumor namun tetap melindungi lapisan sel lainnya dari kerusakan. Inilah yang menyebabkan nanobee diklaim berpotensi untuk menjadi obat tumor yang baik.

Awalnya, uji coba diterapkan pada tikus. Peneliti menguji pada dua jenis tikus. Pada tikus pertama ditanam sel kanker payudara, sedangkan tikus lainnya ditanami sel kanker melanoma. Setelah diberi nanobee yang mengandung melittin, laju pertumbuhan sel kanker payudara menyusut hingga 25 persen, sedangkan ukuran sel kanker melanoma menyusut hingga 88 persen.

Hebatnya lagi, nanobee tidak merusak sel darah merah dan sel sehat lainnya meski diberi dalam konsentrasi tinggi. Secara umum, hasil penelitian menyimpulkan nanobee tidak hanya mengurangi pertumbuhan tumor namun juga dapat mencegah kanker.

1 comments:

mintak artikelnya ya . thanks

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More