Monday 25 April 2011

Apa beda Propolis Tablet dengan Propolis Cair ?

Propolis adalah campuran resin yang dikumpulkan oleh lebah madu dari berbagai pucuk pohon, beberapa jenis bunga dan sumber – sumber lain yang berasal dari tumbuhan. Bahan resin tersebut berfungsi untuk melindungi sarang lebah beserta lava di dalamnya dari serangan bakteri dan kuman yang merugikan dan mengurangi kualitas madu.

Propolis terdiri dari flavanoid, asam fenol, bermacam mineral, ketone (cairan yang berguna sebagai pelarut), asam lemak esensial, asam laktat, kina, ragam vitamin dan gula. Karena begitu banyaknya kandungan propolis, hingga saat ini para ahli belum dapat mencirikan secara tepat semua komponen yang ada dalam propolis.

Propolis juga sangat berguna bagi tubuh manusia untuk membantu melawan kuman. Kita mengetahui bahwa terdapat dua macam bentuk propolis olahan, yaitu propolis cair dan tablet. Cairan yang paling umum digunakan untuk melarutkan propolis menjadi propolis cair adalah alkohol dan propylene glycol. Propolis tidak dapat dilarutkan dengan air, termasuk air mineral.

Begitu banyaknya kandungan dalam propolis, alkohol atau etanol sebagai pelarut pun tidak bisa melarutkan semua unsur yang ada di propolis. Setidaknya, alkohol hanya dapat melarutkan separuh dari semua komponen propolis sehingga otomatis, kita hanya memperoleh setengah manfaat propolis. Selain itu, metode ini jelas bertentangan dengan ajaran agama Islam yang melarang mengonsumsi alkohol.

Propylene glycol juga dikenal sebagai bahan pelarut propolis. Namun, diketahui bahwa zat tersebut merupakan bahan kimia yang digunakan pada kosmetik dan juga digunakan sebagai bahan anti beku pada pelumas sehingga tidak dianjurkan untuk dikonsumsi tubuh, apalagi dalam jangka waktu lama.

Terdapat pula batas seberapa propolis dapat dilarutkan sebagai cairan. Dosis yang efektif digunakan adalah lebih dari 5 mililiter. Kurang dari itu, penggunaan tidak efektif. Dan penggunaannya pun harus terus ditambah hari demi hari. Cara itu tentu jauh dari hemat.

Karenanya, sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi propolis yang secara alami diproses dari sumber aslinya. Pemrosesan dengan tablet menyajikan secara utuh sehingga tidak ada kandungan dan manfaat yang dikurangi.

1 comments:

This comment has been removed by the author.

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More