Saturday 23 April 2011

Mari Selamatkan Bumi

Menyelamatkan bumi adalah tanggung jawab setiap manusia yang tinggal di bumi. Bukan hanya menjadi tugas industri atau sekelompok orang yang paling banyak menghasilkan limbah yang merusak bumi. Bersama-sama berusaha memberikan cinta dan kepedulian pada planet yang merupakan tempat tinggal manusia adalah satu-satunya cara menyelamatkan bumi dari kehancuran.

Hemat Air Dengan Shower
Menghemat air saat mandi adalah langkah tepat untuk menekan pemanasan bumi yang kian memburuk. Mandi dengan shower jauh lebih hemat dibandingkan dengan mandi dengan menggunakan bak mandi maupun bathtub.

Mengatur Suhu Lemari Es
Mungkin tidak terpikir bahwa suhu lemari es juga berkontribusi dalam pemanasan global. Aturlah suhu lemari es senantiasa sesuai kebutuhan. Pada umumnya, suhu lemari es berkisar 3 derajat celcius dan suhu pada freezer sekitar -5 hingga 0 derajat celcius.

Hemat Energi Dengan CFLs
Teknologi yang dikembangkan untuk menghindari kerusakan bumi yang semakin buruk berhasil menciptakan lampu hemat energi dengan Compact Fluorescent Lightbulbs (CFLs) yang memungkinkan penggunaan listrik lebih hemat, dengan daya 10 kali lebih lama dan penggunaan beban listrik yang lebih rendah. Gunakanlah lampu hanya saat diperlukan. Jangan membiarkan lampu menyala tanpa digunakan.

Daur Ulang Barang Bekas
Barang-barang bekas jangan sembarang dibuang. Terlebih dahulu pisahkanlah yang dapat dan tidak dapat didaur ulang. Berikan sampah tersebut kepada pihak yang memang bertugas atau bekerja untuk melakukan proses daur ulang. Benda bekas yang dapat didaur ulang, sebaiknya kembali digunakan, sedang yang tidak dapat sebaiknya ditempatkan pada tempat yang semestinya dan penggunaannya harus segera dikurangi.

0 comments:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More